Tips Melindungi Akun Facebook Anda dari Hacker

Bagian pengembang dari Facebook kini lebih meningkatkan sistem keamanan untuk para penggunanya, yaitu dengan menambahkan pilihan pada pengaturan sistem keamanan dari akun anda. Saya sangat menyarankan untuk anda segera mengaktifkan layanan ini.


Pada fitur ini facebook membagi dua bagian besar, yakni Fitur keamanan pada saat anda melakukan browsing dan fitur kemanan pada saat anda login ke akun facebook.

Nah untuk fitur keamanan pada saat loging ini terbagi dua pilihan yaitu pemberitahuan ke email ketika ada yang masuk ke facebook anda dan fitur permintaan kode aktifasi ketika IP komputer yang masuk dianggap tidak familiar oleh sistem ini (anda belum pernah masuk/login dari komputer PC itu sebelumnya), kode aktifasi akan di kirim melalui SMS ke nomor telepon pengguna.

Untuk mengaktifkan layanan ini ikuti langkah berikut.

1. Masuk ke Pengaturan Akun (Account Settings) seperti pada gambar di bawah.

2. Pilih menu Keamanan (Security) yang terletak di sebelah kiri, lihat gambar di bawah.

3. Fitur yang harus anda aktifkan adalah Jelajah Aman (Secure Browsing), caranya klik sunting, kemudian centang pada tulisan "Jelajahi Facebook pada koneksi aman (httpss) saat memungkinkan". Pengaturan yang lainnya dapat disesuaikan dengan kemauan anda.

4. Jangan gunakan tanggal lahir anda sebagai password akun facebook, karena hal ini akan memudahkan seseorang/hacker untuk menebak password anda.

5. Jangan gunakan password yang sama antara email dengan facebook, hal ini dimaksudkan jika akun anda berhasil diretas oleh seseorang/hacker maka anda dapat mereset kembali password anda melalui email.

6. Gunakan kombinasi huruf dan angka sebagai password, bila perlu gunakan juga simbol-simbol aneh lainnya. Contoh: $ekt!m-4r3@

7. Ganti password akun facebook anda secara rutin, misalnya 2 bulan sekali.

8. Jangan terima permintaan pertemanan dari orang yang tidak anda kenal. Jika hal ini sudah terlanjur anda lakukan, maka hapus/blokir saja orang tersebut.

9.  Jangan login akun facebook dari halaman yang mencurigakan. Bisa-bisa anda terkena phising.

Sekian tips dari sektim kali ini, jangan lupa kunjungi terus Blog Sektim!
Keep posting keep sharing!

1 comments:

http://s08.flagcounter.com/count/qbZ/bg_000000/txt_FFFFFF/border_CCCCCC/columns_5/maxflags_100/viewers_0/labels_1/pageviews_1/flags_1/

Reply

Post a Comment