Serangan Malware Mac Meningkat

Selama ini pengguna Mac bisa santai. Platform OS yang digunakan disangka tidak menarik bagi penjahat. Peningkatan ancaman keamanan menunjukkan OS X dari Apple ini mulai memikat para kriminal.

Menurut laman Wired.com, ancaman terbaru datang dari serangan varian LuckyCat. Malware ini mencuri kesempatan dengan mengeksploitasi dokumen Microsoft Word. Pola serangan remote ini dapat menyusup ke sistem yang terinfeksi untuk menjarah data Anda.

Sebelumnya, serangan trojan Flashback terkenal karena telah meracuni 650.000 Mac. Flashback menggunakan celah keamanan berbasis Java untuk menginstal sendiri ke dalam sistem. Apple telah "menambal" lubang keamanan ini dengan pembaruan sistem keamanan. Tapi, pelaku kejahatan cyber masih mencari cara menyusup ke MacBook Anda.

Direktur Penelitian Lanjutan dan Intelijen Ancaman McAfee Labs, Dave Marcus menilai serangan Mac oleh para kriminal ini menggunakan teknik yang sama dengan PC atau tablet. "Mereka mengakali dokumen dan laman, eksploitasi Java, mirip dengan metodologi yang digunakan di dunia PC," ujar Marcus.

Peneliti keamanan Rapid7, Marcus Carey menerangkan, pengguna Mac harus waspada untuk melindungi komputernya. "Saya rasa ini peringatan untuk menyadarkan pengguna OS X agar mulai menutup celah dan lebih sering memperbarui sistem," ujar Carey.

Program lintas platform seperti Microsoft Office, produk Adobe PDF, Java, dan Flash rentan menjadi target serangan berbahaya. Dulu serangan platform Mac tidak semarak sekarang. Lebih dari 90 persen pangsa pasar menggunakan Windows sehingga penjahat cyber lebih fokus dalam serangannya. Beberapa bulan ini, ancaman OS X meningkat seiring peningkatan pengguna Mac menjadi 5 persen dan penurunan pengguna Windows sebesar 89.7 persen.

Menurut Marcus dari McAfee, OS X sudah berpotensi untuk diretas sejak dulu. Tapi, baru benar-benar menjadi target sekarang. Para kriminal dunia maya bisa memanfaatkan kerentanan yang sama untuk memukul pengguna Mac dan Windows dengan satu virus.

"Seseorang telah mengintip di balik pintu ini dan melihat cara yang digunakan bisa berhasil. Belum tentu akan tambah buruk, tapi tidak akan lebih baik," ujar juru bicara perusahaan antivirus perangkat lunak Mac, Intego, Peter James.

VIVAnews

1 comments:

PertamaX gan.

keren infonya

Reply

Post a Comment