Nvidia Jawab Acungan Jari Tengah Pendiri Linux

Linus Torvalds, pria di balik besarnya sistem operasi open source Linux sempat meluapkan rasa kesalnya terhadap Nvidia dengan mengacungkan jari tengah. Kini, giliran produsen kartu grafis itu yang menjawab aksi tersebut.

Beberapa waktu lalu Torvalds menjadi pembicara pada forum terbuka di Otaniemi, Finlandia. Di kesempatan itu, 'bapak Linux' ini sempat menjawab pertanyaan seorang wanita yang mengaku kesulitan menggunakan Linux di komputernya yang menggunakan Nvidia Optimus.

"Nvidia telah menjadi salah satu masalah terburuk yang kami miliki dengan produsen perangkat keras," jawab Torvalds. Namun tak lama setelah mengatakan hal itu, pria yang baru saja mendapat nobel di bidang teknologi ini mengacungkan jari tengah untuk Nvidia (baca: http://www.sektim.com/2012/06/wah-bapak-linux-acungkan-jari-tengah.html).

Melihat komentar keras dari pendiri Linux itu, Nvidia pun tak tinggal diam. Melalui situsnya, produsen kartu grafis terbesar ini menjawab dengan diplomatis.

"Kami memahami bahwa beberapa pihak telah meminta dokumentasi rinci tentang semua informasi GPU kami, atau lebih aktif dalam diskusi pengembangan kernel komunitas Linux. Tapi kami telah memutuskan untuk mendukung Linux sesuai dengan struktur kami, bukan struktur Linux," tulis Nvidia, seperti dikutip detikINET, Jumat (22/6/2012).

Ya, kebocoran informasi merupakan alasan utama Nvidia untuk tidak merilis driver open source. Padahal langkah ini sudah dilakukan pesaing utamanya AMD.

Lebih lanjut, Nvidia menjelaskan bahwa teknologi Optimus memang hanya dirancang untuk Windows. Pun begitu, mereka juga mengaku akan tetap mendukung open source dengan ikut aktif dalam Bumblebee Open Source Project, sebuah komunitas yang mengembangkan driver Nvidia di Linux.
sumber: inet.detik.com

10 comments


semuanya sangat bermakna

Reply


lumyan deh jadi nambah nambah pengetahuan

Reply


Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

Reply



saya numpang buat nambah backlink di sini ya

Reply


bagus banget ya ceritanya

Reply


salam kenal dan sukses slalu ya

Reply


makasih ya atas infonya , mudah mudahan bermanfaat trus .

Reply

Post a Comment