Skip to main content

Raspberry Pi, Komputer Murah Seukuran Kartu Kredit

London: Industri swadaya di Inggris berhasil mengembangkan sebuah desain komputer berukuran hanya sebesar kartu kredit. Komputer itu diperkenalkan dengan nama Raspberry Pi. Teknologi ini cukup meraih sukses di kalangan para penggemar dunia teknologi di Inggris. Perusahaan swadaya itu mampu menjual sebanyak satu juta unit di tahun pertamanya.

Raspberry PI (Raspi) merupakan salah satu jenis Single Board Computer dengan ukuran yang sangat mungil hanya sebesar kartu kredit yaitu 85 mm x 56 mm lengkap seperti Sistem Komputer umumnya. Toko online internasional menjual dua model : A dengan harga $25 dan B dengan harga $35.

Menurut Direktur eksekutif Raspberry Pi Foundation, Eben Upton, meski berawal dari manufaktur di China, namun sebagian proses produksinya juga dilakukan di Pabrik Sony di South Wales. Karena sebagian besar proses produksinya menggunakan sistem otomatisasi, mereka bisa menekan ongkos tenaga kerja hingga seminimal mungkin.

Kehadiran Raspberry Pi akan menggebrak dunia komputer, hanya dengan sebuah komputer yang seukuran kartu kredit sudah dapat menggantikan komputer desktop untuk melakukan tugas seperti mengetik, browsing, bermain game, dan menonton film.

Berikut desain dan spesifikasinya.
Desain Board Raspberry Pi

Model A Model B
Target price: US$25 Ext tax (GBP £16 Exc VAT) US$35 Ext tax (GBP £22 Exc VAT)
System-on-a-chip (SoC): Broadcom BCM2835 (CPU + GPU. SDRAM is a separate chip stacked on top)
CPU: 700 MHz ARM11 ARM1176JZF-S core
GPU: Broadcom VideoCore IV,OpenGL ES 2.0,OpenVG 1080p30 H.264 high-profile encode/decode
Memory (SDRAM)iB 256 MiB (planned with 128 MiB, upgraded to 256 MiB on 29 Feb 2012) 256 MiB (until 15 Oct 2012); 512 MiB (since 15 Oct 2012)
USB 2.0 ports: 1 (provided by the BCM2835) 2 (via integrated USB hub)
Video outputs: Composite video | Composite RCA, HDMI (not at the same time)
Audio outputs: TRS connector | 3.5 mm jack, HDMI
Audio inputs: none, but a USB mic or sound-card could be added
Onboard Storage: Secure Digital|SD / MMC / SDIO card slot
Onboard Network: None 10/100 wired Ethernet RJ45
Low-level peripherals: General Purpose Input/Output (GPIO) pins, Serial Peripheral Interface Bus (SPI), I²C, I²S, Universal asynchronous receiver/transmitter (UART)
Real-time clock: None
Power ratings (provisional, from alpha board): 500 mA, (2.5 W)  700 mA, (3.5 W)
Power source: 5 V (DC) via Micro USB type B or GPIO header
Size: 85.0 x 56.0 mm (two different boards, measured with callipers)
Sumber: MetroTVNews, Wikipedia

Comments

Popular posts from this blog

MouseFix: Solusi Mengatasi Mouse Sering Double Klik

Banyak orang sering megeluh karena mouse yang digunakan tidak berfungsi dengan baik, salah satunya ialah masalah double klik. Masalah ini sering kita jumpai ketika kita sedang menggunakan mouse terlebih bila mouse tersebut sudah cukup lama digunakan. Hal ini tentunya sangat mengganggu pengguna komputer, apalagi gamer seperti saya.

Arti Angka pada Seri VGA NVidia dan AMD/ATI Radeon

VGA (Video Graphics Array) adalah salah satu komponen utama penyusun komputer maupun laptop. Ketika membeli laptop atau merakit komputer, jenis/tipe VGA adalah salah satu hal yang paling penting diperhatikan. Hal ini tentu saja supaya komputer/laptop yang akan dipakai nantinya bisa sesuai dengan keperluan kita, terutama untuk keperluan gaming jangan sampai salah pilih VGA.

15 Efek Keren Photoshop serta Cara Membuatnya

Belajar Adobe Photoshop memang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Bukan hanya para desainer, tetapi banyak orang biasa bisa menguasainya. Adobe Photoshop mempu mengedit foto menjadi menakjubkan serta ia mampu menciptakan efek luar biasa pada foto buatan. Tangan yang ahli dan memiliki jiwa seni adalah hal yang dibutuhkan.