Skip to main content

Cara Membuat Layar Game Menjadi Fullscreen di Windows 7 (ATI/AMD Radeon)

Sektim - Sistem operasi Windows 7 pasti tidak asing lagi bagi Anda pengguna komputer. Windows 7 merupakan penyempurnaan dari Windows Vista yang dianggap cacat. Windows 7 hadir dengan tampilan UI (User Interface) yang menarik dan banyak bug fix (perbaikan) dari Windows Vista dan Windows XP.

Saya sendiri bingung kenapa masih banyak juga yang menggunakan Windows XP, padahal Windows XP sudah ketinggalan jaman, kebanyakan dari mereka adalah gamer. Windows 7 menjadi momok tersendiri bagi para gamer karena menggunakan resolusi 16:9 (biasanya 1366x768) dan tidak bisa mengadaptasi resolusi game 4:3 (biasanya 1024x768). Oleh sebab itulah, masih banyak gamer yang setia menggunakan Windows XP.

Jika kita memainkan sebuah game dengan resolusi 4:3 di Windows 7, maka di sebelah kiri dan kanan monitor terdapat ruang kosong berwarna hitam. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah saat saya memainkan Warcraft III: The Forzen Throne.
Bagi Anda yang suka bermain game pasti merasa terganggu dengan ruang kosong tersebut. Bagaimana cara membuat game menjadi fullscreen? Simak tutorial berikut:
  1. Pertama ubah dulu resolusi tampilan monitor Anda menjadi 1024x768, caranya klik di desktop, lalu pilih screen resolution. Kemudian ubah resolusi tampilan menjadi 1024x768 seperti terlihat pada gambar di bawah, jangan lupa klik Ok.
  2. Klik kanan di desktop dan buka Catalyst Control Center. Lalu ketik "properties" dalam kotak pencarian yang di sebelah kiri, Pilih "Properties (Built-in Display)". Kemudian pada kolom scaling option pilih Full Screen. Jika masih bingung silakan lihat gambar berikut.
  3. Kemudian kembalikan resolusi tampilan monitor Anda menjadi seperti semula, caranya sama seperti pada langkah 1. Selesai, ruang kosong di samping monitor sekarang sudah hilang.
Catatan: Tidak semua game memiliki maksimal resolusi 1024x768, jadi silakan Anda sesuaikan sendiri dengan resolusi game tersebut.

Comments

  1. Thx masbro it's work, ternyata memang harus 'dipancing' dengan resolution setting di desktop, kalau gak dipancing gak akan muncul "full screen" nya

    ReplyDelete
  2. mantap bos. sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Gan ko di klik kanan ga ada tulisan catalyst control centre help gan...

    ReplyDelete
  4. Kok tetap gak bisa di buka AMD Catalyst Control nya, setiap di klik kok tetep gak bisa-bisa ?

    ReplyDelete
  5. mantap bang sukses, semua game jdi fullscreen semua ...

    ReplyDelete
  6. Tetep gak bisa, walaupun udah resolusinya 1024x768 dan rationya full screen. pas jalanin gamenya msh gak full screen. Note: driverku amd radeon hd 8330 dan sudah diupdate.

    ReplyDelete
  7. Thanks'gan infonya,,, work 100%

    Mkin skses aj gan,,, ☺️☺️☺️

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. setelah muter2 cari solusi, akhirnya sukses dengan cara ini di thosiba c800d jadi fullscreen...trims berat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MouseFix: Solusi Mengatasi Mouse Sering Double Klik

Banyak orang sering megeluh karena mouse yang digunakan tidak berfungsi dengan baik, salah satunya ialah masalah double klik. Masalah ini sering kita jumpai ketika kita sedang menggunakan mouse terlebih bila mouse tersebut sudah cukup lama digunakan. Hal ini tentunya sangat mengganggu pengguna komputer, apalagi gamer seperti saya.

Arti Angka pada Seri VGA NVidia dan AMD/ATI Radeon

VGA (Video Graphics Array) adalah salah satu komponen utama penyusun komputer maupun laptop. Ketika membeli laptop atau merakit komputer, jenis/tipe VGA adalah salah satu hal yang paling penting diperhatikan. Hal ini tentu saja supaya komputer/laptop yang akan dipakai nantinya bisa sesuai dengan keperluan kita, terutama untuk keperluan gaming jangan sampai salah pilih VGA.

15 Efek Keren Photoshop serta Cara Membuatnya

Belajar Adobe Photoshop memang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Bukan hanya para desainer, tetapi banyak orang biasa bisa menguasainya. Adobe Photoshop mempu mengedit foto menjadi menakjubkan serta ia mampu menciptakan efek luar biasa pada foto buatan. Tangan yang ahli dan memiliki jiwa seni adalah hal yang dibutuhkan.