5 Situs Tutorial Pemrograman Berbahasa Indonesia

Menguasai bahasa pemrograman adalah hal terpenting bagi seorang programmer. Hanya belajar di sekolah/kampus saja tidaklah cukup untuk menguasai bahasa yang lumayan rumit ini. Oleh karena itu, kita harus belajar sendiri secara otodidak. Baik itu dengan membaca buku, blog, dan forum.

Banyak sekali situs yang menyediakan tutorial belajar pemrograman. Akan tetapi pada umumnya situs tersebut berbahasa Inggris. Bagi kita bangsa Indonesia, bahasa Inggris bukanlah bahasa sehari-hari kita, makanya kita agak kesulitan dengan bahasa Inggris. Nah di sini saya akan share 5 Situs Tutorial Pemrograman/Coding Berbahasa Indonesia. Silakan dibaca dan dipelajari isinya.
  1. IlmuKomputer.com
    Download berbagai materi kuliah untuk jurusan ilmu komputer/IT, di situs ini disediakan e-book2 siap download hasil tulisan dari para penulis2 yang mengirimkan tutorialnya. Materi yang dapat dikirimkan adalah semua materi yang ada di dalam jurusan Ilmu Komputer.
  2. Jagocoding.com
    Jagocoding.com adalah situs tutorial pemrograman pertama di Indonesia yang berbasis jejaring sosial (social network). User dapat membuat tutorial dan mempublikasikannya di internet secara langsung, dengan approval dari administrator untuk memenuhi standar kelayakan tutorial. Fitur lainnya adalah, user yang telah terdaftar dapat memfollow kontributor, memberikan komentar, diskusi, dan sebagainya. User dapat mengunduh/download ebook setiap tutorial dalam bentuk PDF. Tutorial yang disajikan adalah semua tutorial pemrograman, mulai dari web, desktop, maupun mobile.
  3. Makkul.com
    Makkul.com adalah sebuah blog yang berisi artikel mengenai PHP dan MySQL,Java,ASP disertai dengan penjelasan dan contoh kasus. User yang tidak terdaftar dapat memberikan komentar, tetapi tidak bisa memposting tutorial sendiri. Karena sebenarnya ini adalah blogspot dengan artikel-artikel berisi tutorial pemrograman.
  4. Myphptutorials.com
    Situs yang berisi semua tutorial PHP beragam. Walaupun intinya adalah tutorial PHP, tetapi sebenarnya yang dipelajari di sini adalah semua tutorial tentang bagaimana membuat website, jadi dipelajari juga CSS, Javascript, dan sebagainya. Intinya, di sini adalah tutorial web, tidak terdapat mobile dan desktop.
  5. Ilmuwebsite.com
    Ilmuwebsite hampir mirip dengan situs myphptutorials.com. Pada situs ini berisi tutorial-tutorial semua yang berkaitan dengan website, dengan disediakan demo dan link download. Website ini sebenarnya adalah wordpress, jadi tidak ada halaman login untuk user. User tidak bisa interaksi terhadap user lain.
sumber: http://forum.detik.com/5-situs-tutorial-pemrograman-berbahasa-indonesia-yang-recommended-t424624.html

2 comments

very interesting :) good job for admin

Reply
Anonymous admin

ada lagi nih... situs baru kekx gan... tapi tutorialnya mudah dipahami

www.codingku.com

Reply

Post a Comment