Cara Mencari yang Efektif dengan Google (Fitur Pencarian Dasar)

Anda sering mengunakan Google untuk mencari file-file yang Anda inginkan, tetapi pada saat Anda mencari file dan memasukkan kata kunci dari file yang akan anda cari, ternyata hasil pencarian yang ditampilkan oleh google tidak sesuai seperti yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid dan maksimal, alangkah baiknya Anda pelajari fitur-fitur pencarian efektif dengan google di bawah ini.

Fitur Pencarian Dasar Google

  1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
    babi hutan
    babi AND hutan
    babi+hutan
  2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
    ayam OR burung
    ayam | burung
  3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
    “komunikasi data”
  4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ayam tapi tidak terdapat kata kalkun.
    ayam – kalkun
  5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
    ~car
  6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb
    ayam * pedas
  7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
    ko.i
  8. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)
  9. I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita.
Sumber : www.ilmukomputer.com

Post a Comment