Mengenal Torrent dan Cara Kerjanya

Saya yakin Anda sudah sering mendengar kata Torrent. Namun apakah Anda sudah tau apa itu Torrent? Bagaimana cara kerjanya? Saya sendiri sudah lama mulai menggunakan Torrent, tetapi saya tidak terlalu mengerti cara kerja dan istilah-istilah yang digunakan pada Torrent. Oleh sebab itu, dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai Torrent.

Apa Itu Torrent ?

Torrent itu sebenarnya adalah extension/format dari aplikasi protokol BitTorrent. Torrent berisi metadata yang menjelaskan dimana letak file dan dimana folder dibagikan. Ukuran file torrent sangat kecil, biasanya hanya beberapa kb (kilo byte) saja. Untuk mendownload file berekstensi torrent diperlukan software client seperti uTorrent (untuk Windows) dan Transmission (untuk Mac OS dan Linux).

Bagaimana Cara Kerja Torrent?

Protokol BitTorrent berjalan dengan metode Peer-to-Peer atau dikenal juga dengan istilah p2p. Mendownload dengan torrent pada dasarnya sama dengan mendownload melalui http port. Perbedanya terdapat pada cara mendownload packet, jika http menggunakan satu port tertentu (port 80) pada TCP socket, BitTorrent menggunakan TCP socket yang berbeda-beda sekaligus dan menggunakan port secara random secara bersamaan.
Jika biasanya Anda mendownload file dari suatu server, pihak penyedia (server) tersebut harus menyediakan file tersebut untuk dapat di download banyak orang. Jika banyak orang mengakses/mendownload file tersebut pada waktu yang bersamaan, pasti server tersebut menjadi lambat karena bandwidth-nya kepenuhan.
Sedangkan cara kerja BitTorrent adalah peer-to-peer internet sharing, ketika Anda mendownload sebuah file dari orang yang berbagi file, orang lain yang juga mendownload file tersebut akan mendownloadnya dari Anda, tidak dari sang pembagi file. Jadi saat Anda sedang mendownload sebuah file, Anda juga menguploadnya. Kelebihan cara ini adalah tidak membebani server, karena semua orang berfungsi sebagai pengirim dan penerima file. Ilustrasinya lebih kurang seperti pada gambar di bawah.
Bagaimana? Sekarang sudah paham kan cara kerja torrent?

Istilah-Istilah pada Torrent

Berikut adalah beberapa istilah yang digunakan pada torrent:
  1. Seed / Seeder
    Pengguna yang telah selesai mendownload sebuah file, sehingga ia menjadi penyedia file. Semakin banyak seeder akan lebih baik.
  2. Leecher
    Leecher adalah pengguna yang sedang mendownload sebuah file Torrent. Ketika proses downloadnya telah selesai, maka pengguna tersebut bisa menjadi seeder.
  3. Swarm
    Secara sederhana swarm bisa diartikan dengan ekosistem atau habitat, keseluruhan peers atau user yang sedang tersambung mendownload file.
  4. Tracker
    Tracker fungsinya sebagai penyedia informasi saat proses upload dan download.

Kelebihan dan Kekurangan Torrent

Kelebihannya:
  1. Bisa di-resume kapanpun.
  2. Aplikasi clientnya gratis.
Kekurangannya:
  1. Jika seedernya 0, file tidak bisa di-download lagi.
  2. Jika banyak leecher, download menjadi lambat.
  3. Kadang-kadang berisi virus (kurang aman).
Jadi, sebelum mendownload file torrent, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu lihat dulu jumlah seeder dan leecher, semakin banyak jumlah seeder maka akan lebih baik. Anda juga harus lebih berhati-hati karena file Torrent terkadang mengandung virus.

2 comments


sebelumnya ... NICE INFO!!!
Maap gan ane mau tanya aja, bisa share gk nh ilmu make torrent?? jujur ane sudah 2 tahun pakai torent.. kurang lebih taunya cuma DL dan lain" cuma yg kurang paham di setinggannya dan klo mau pake progxy gimana ya step stepnya? thx sukses selalu

Reply

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Reply

Post a Comment